Kamis, 18 Oktober 2012

Meningkatkan rasa PD


10 Tips meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri

Perasaan rendah diri seseorang ada yang berkembang lebih kuat dan ada pula yang kurang kuat. Ada berbagai penyebabnya. Ketidakmampuan pisik dapat menyebabkan rasa rendah diri yang mencolok.

Sepuluh petunjuk untuk meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri.

1. Sebagai langkah pertama carilah sebab-sebab saudara merasa rendah diri. Sekali saudara mengetahui sebab-sebab itu maka saudara sudah mendapatkan prasyarat yang sangat penting untuk suatu perbaikan kepercayaan diri sendiri yang direncanakan.

2. Atasi kelemahan saudara. Hal yang penting adalah saudara harus memiliki kemauan yang kuat. Karena hanya dengan begitu saudara akan memandang suatu perbaikan yang kecil sebagai keberhasilan yang sebenarnya.

3. Cobalah kembangkan bakat dan kemampuan saudara lebih jauh. Dengan begitu saudara mengadakan kompensasi bagi kelemahan saudara, sehingga kelemahan itu tidak penting lagi bagi saudara.

4. Bahagialah dengan keberhasilan saudara dalam suatu bidang tertentu dan janganlah ragu-ragu untuk bangga atasnya. Perkiraan saudara sendiri atas keberhasilan saudara adalah lebih penting untuk kesadaran diri saudara sendiri dibandingkan dengan pendapat orang lain.

5. Bebaskan diri saudara dari pendapat orang lain. Janganlah berbuat berlawanan dengna keyakinan saudara sendiri. Hanya dengna begitu saudara akan merasa merdeka dalam diri sendiri dan yakin.

6. Jika misalnya saudara tidak puas dengan pekerjaan saudara tapi tidak melihat sesuatu kemungkinanpun untuk memperbaiki diri saudara, maka kembangkanlah bakat-bakat saudara melalui sesuatu hobby. Dengan begitu saudara dapat mengkompensasikan kekecewaan dan dapat menjaga diri dari ketidak yakinan atas diri sendiri.

7. Jika saudara diminta untuk melakukan pekerjaan yang sukar, cobalah melakukan pekerjaan tersebut dengan rasa optimis. Jika anda takut melakukan tugas itu, maka di masa depan saudara akan kurang percaya pada kemampuan saudara sendiri dan akhirnya gagal dalam tugas yang tak begitu sulit.

8. Jangan terlalu bercita-cita, karena cita-cita yang kelewat batas tidak baik. Makin besar cita-cita saudara, maka akan semakin sulit bagi saudara untuk memenuhi tuntutan yang tinggi itu.

9. Jangan terlalu sering membandingkan diri saudara dengan orang lain. Ada banyak hal yang dapat dilakukan lebih baik oleh orang lain dibanding dengan saudara. Jika saudara terus menerus membandingkan diri saudara dengan orang lain maka ada kemungkinan saudara akan kecewa dnegan diri saudara sendiri. Dan ini tidak baik bagi harga diri saudara sendiri.

10. Janganlah mengambil sebagai motto ungkapan yang berbunyi, apapun juga yang dilakukan dengan baik oleh orang lain sayapun harus dapat melakukannya; karena tak seorangpun dapat mempunyai hasil yang sama dalam tiap bidang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar